Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

SMP Negeri 2 Ngunut, Sekolah dengan Segudang Prestasi Pramuka

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

24 - May - 2023, 19:35

Pramuka SMPN 2 Ngunut dan trofi yang didapatkan. (Foto : Dokumen sekolah for Tulungagung Times)
Pramuka SMPN 2 Ngunut dan trofi yang didapatkan. (Foto : Dokumen sekolah for Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ngunut, Tulungagung, punya segudang prestasi di bidang pramuka. Meski berada di pinggir kota, hal itu bukan alasan SMPN 2 Ngunut tidak semangat dalam menorehkan segudang prestasi, terutama di bidang ketrampilan dan kecakapan seperti pramuka ini.

Arek Negeri Dua (Arneda), sebutan siswa  SMPN 2 Ngunut, mulai aktif dalam ekstrakurikuler pramuka sejak tahun 2017 hingga saat ini. Lomba dari tingkat Kabupaten Tulungagung sampai tingkat Provinsi Jawa Timur sering diikuti dan pulang dengan membawa juara.

Baca Juga : Sawah Genting, Kembangkan Potensi Sayuran Organik bersama KISAKITA

Arneda dilatih oleh seorang kakak pembina yang juga alumnus SMPN 2 Ngunut Muhammad Fathur Rizqi Alfathir yang saat ini sedang menempuh studi  S1 Terapan Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Awalnya kita mencari kegiatan apa yang mungkin dilaksanakan dengan kondisi yang minim. Siswa dan siswi di sini kebanyakan dari desa dan kalau untuk ikut kegiatan itu izin dari orang tua, termasuk susah," ujar Fathur, Rabu (24/5/2023).

Kegiatan pramuka yang wajib diikuti oleh seluruh siswa dilaksanakan hari Sabtu selesai jam KBM (kegiatan belajar mengajar) berlangsung. Sedangkan pelatihan yang khusus untuk mempersiapkan lomba dilakukan setiap hari sesuai bidang masing-masing perlombaan. 

"Awalnya memang karena kegiatan wajib seluruh siswa. Waktu ada lomba mencoba ikut dan alhamdulillah menang, akhirnya ketagihan hingga ikut lomba di tingkat provinsi dan alhamdulillah juga selalu mendapat juara," ungkap salah satu siswa SMPN 2 Ngunut saat mendampingi Fathur.

Perlu dicatat, dari tahun 2017 hingga tahun ini, SMPN 2 Ngunut tidak pernah absen mendapat juara.  Misalnya,  tahun 2017 juara umum 2 Aryapraga Kediri, lalu tahun 2018 juara umum 1 LOC Mojokerto, dan tahun 2019 juara umum 3 Aksipraga Nganjuk.

Kemudian juara umum 1 LOC Mojokerto, lalu juara 1 Aksi Galang Ranting Ngunut, juara umum 3 Scampy Sidoarjo, juara umum 1 Kejar Kota Blitar.

Baca Juga : Implementasi Program Matching Fund, Unidha Malang Jalin Kerjasama dengan Kemenag Kota Malang

Pada tahun 2020, juara umum 3 LKP dan tahun 2021 nuara umum 1 Askapraga Blitar. Dan tahun 2022, juara 1 putra/putri LT II kwarran Ngunut.

Pramuka SMP Negeri 2 Ngunut juga berhasil memperoleh juara 2 putra LT III Kwarcab Tulungagung dan tahun 2023 juara umum 1 FYP 3 Tulungagung.

Dari banyaknya prestasi yang diperoleh, segenap jajaran guru serta Fathur sebagai kakak pembina yang selama ini mendampingi berharap segala pengalaman dan ilmu yang mereka dapat tidak berhenti sampai di situ. Tetapi tetap dilanjutkan dengan melatih adik tingkat mereka. 

"Di sini kami ingin menunjukkan bahwa meskipun sekolah kami berada di desa dan bisa dikatakan minim sumber daya dan dengan segala keterbatasan yang ada, kami bisa dan mampu menunjukkan prestasi kami," pungkasnya.


Topik

Pendidikan SMP 2 Ngunut Tulungagung Pramuka preatasi sekolah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy