Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Persiapan Matang, UM Siap Gelar UTBK-SNBT 2023

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

06 - May - 2023, 09:53

Wakil Rektor I UM Prof Ibrahim Bafadal (Ist)
Wakil Rektor I UM Prof Ibrahim Bafadal (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Negeri Malang (UM) telah bersiap untuk penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasar Tes (UTBK-SNBT). Berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan guna kelancaran pelaksanaan UTBK-SNBT pada Senin (8/5/2023) telah disiapkan. 

Para petugas server, pengawas ruang ataupun penanggung jawab ruang telah diberi arahan dalam melakukan tugasnya. Bahkan, termasuk juga para sekuriti juga di-briefing untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta manakala kesulitan dalam mencari lokasi ujian.

Baca Juga : Begini Pengakuan Karyawati Perusahaan di Cikarang yang Viral Diajak "Staycation" untuk Perpanjang Kontrak

"Betul-betul kami persiapkan secara matang. Ada penunjuk lokasi, pengawas ruang, pengawas atau petugas server dan yang lainnya. Tentu semuanya di bawah komando universitas. Dari sisi ketenagaan siap," ungkap Wakil Rektor I UM Prof Ibrahim Bafadal.

Ada kurang lebih 472 pengawas dari dosen dan tenaga pendidik dari UM yang akan bertugas dalam memastikan kelancaran pelaksanaan UTBK-SNBT tersebut. Para petugas nantinya akan benar-benar memastikan peserta ujian adalah orang yang sebenarnya mendaftar. 

"Memastikan peserta bukan digantikan orang lain. Memastikan peserta bisa mengakses ujian, memastikan peserta mengikuti tutorial latihan ujian. Memastikan peserta selesai dengan baik hingga mencatat aktivitas peserta," terang Prof Ibrahim.

Dari sisi sarana dan prasarana, UM telah menyiapkan 55 ruangan untuk pelaksanaan UTBK-SNBT. Setiap ruang telah dilengkapi dengan perangkat berbasis komputer yang mendukung dalam pelaksanaan UTBK-SNBT.

"Saat ini kami semakin siap dengan perangkat-perangkat yang ada. Kalau tahun lalu kami bermitra, tapi sekarang tidak. Kami berdayakan semua ruang berbasis komputer di UM sehingga saat ini kami bisa mengatasinya sendiri," paparnya.

Manakala terdapat problem server juga telah diantisipasi pihak UM dengan menyediakan teknisi di masing-masing ruang. Begitupun terkait problem kelistrikan, juga telah diantisipasi UM dengan menyiapkan sejumlah perangkat atau mesin genset. Sehingga, manakala ada kendala terkait listrik, problem tersebut segera dapat teratasi.

Baca Juga : Rekomendasi Film Netflix yang Lagi Ramai Ditonton 2023

"Jika listrik PLN mati, sekian menit genset akan aktif, sudah ada simulasinya. Tapi kami harapkan mudah-mudahan tidak terjadi," katanya.

Agar UTBK-SNBT berjalan dengan semestinya, UM juga telah menyiapkan metal detector. Hal ini guna menghindari adanya tindakan-tindakan kecurangan yang dilakukan peserta. Sebab, diketahui pada tahun sebelumnya, terdapat peserta yang didiskualifikasi karena terindikasi melakukan kecurangan.

"Ujian ini untuk benar-benar mencari mahasiswa yang mempunyai kemampuan, mencari mahasiswa yang jujur  yang benar-benar ingin belajar. Sehingga nantinya sebelum masuk ruangan akan dilakukan pengecekan," ujarnya.

Di sisi lain, Prof Ibrahim juga menginformasikan bahwa mereka yang berminat masuk ke Kampus UM kian meningkat. Ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 29 ribu pada tahun ini. Sementara, pada tahun sebelumnya, hanya sekitar 25 ribu pendaftar.


Topik

Pendidikan UM Universitas Negeri Malang ujiam UTBK-SNBT


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy