Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Rp 127 Miliar Dana Bergulir Belum Tersalurkan, DPRD Jatim Minta untuk Pertumbuhan Ekonomi

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Yunan Helmy

11 - May - 2023, 17:54

Gus Muhammad Fawait, anggota Komisi C DPRD Jatim.
Gus Muhammad Fawait, anggota Komisi C DPRD Jatim.

JATIMTIMES  - DPRD Jawa Timur berharap badan usaha milik daerah (BUMD) di lingkungan Pemprov Jatim bisa berperan sebagai pengungkit ekonomi. Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi C DPRD Jatim Muhammad Fawait.

Politikus muda yang akrab disapa Gus Fawait itu mengungkapkan hal tersebut  usai hearing dengan mitra Komisi C yang membidangi keuangan dan BUMD. Di antaranya Bank Jatim, BPR Jatim (Bank UMKM), Jamkrida dan Biro Perekonomian sebagai koordinator BUMD.

Baca Juga : Setahun, Google Blokir 5,2 Miliar Iklan dengan Berbagai Pelanggaran

"Kami berharap BUMD bisa menjadi pengungkit ekonomi. Terutama BUMD sektor perbankan seperti Bank Jatim dan Bank UMKM," kata Gus Fawait dalam keterangannya, Kamis (11/5/2023).

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim ini mengatakan, BUMD selain sebagai penyumbang APBD Provinsi Jatim, juga bisa berperan pada pertumbuhan ekonomi masyarakat secara luas.

Pihaknya berharap struktur kredit di Bank Jatim dan Bank UMKM bisa berdampak kepada pertumbuhan ekonomi dalam rangka pengentasan kemiskinan. Karena itu, perlu dilakukan penyaluran secara meluas dan diperbanyak di kantung-kantung kemiskinan.

"Perlu dilakukan penyaluran kredit lunak secara meluas pada sektor-sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan UMKM. Dengan demikian, bisa mengurangi kemiskinan dan pengangguran di pedesaan serta kantung-kantung kemiskinan yang ada di Jatim" terang Gus Fawait.

Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jatim 2020 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini menyinggung adanya program gubernur Jatim yang positif. Yakni Dagulir atau Dana Bergulir. Dana bergulir ini adalah pinjaman lunak yang diperuntukan kepada sejumlah sektor.

Baca Juga : Nyabu, Anggota DPRD Sidrap Fraksi PKS Ditangkap Polisi

Dana yang ada di sejumlah organisasi perangkat daerah atau OPD Jatim itu, bisa memberdayakan masyarakat dan pelaku UMKM lewat penyalurannya yang maksimal dan tepat sasaran. Menurut pria asal Jember ini, akses pinjaman lunak yang terbuka akan mengurai kemiskinan di Jawa Timur.

"Tadi disampaikan oleh Biro Perekonomian, ada sekitar Rp 127 miliar dana bergulir yang belum tersalurkan. Kami berharap dana ini segera tersalurkan kepada masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," pungkas alumnus Pascasarjana UGM tersebut. 


Topik

Peristiwa DPRD Jatim dana bergulir Pemprov Jatim Jawa Timur


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Yunan Helmy