Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Karo AUPK UIN Maliki Malang Minta Seluruh Satker Percepat Serapan Anggaran

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

08 - May - 2023, 18:57

Karo AUPK memberikan pembinaan dalam apel rutin (Ist)
Karo AUPK memberikan pembinaan dalam apel rutin (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang rutin menyelenggarakan apel kordinasi setiap Senin. Hal ini tentunya menjadi upaya kampus Ulul Albab dalam meningkatkan etos kerja para pegawai. 

Kepala Biro (Kabiro) Adminsitasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Dr H Ahmad Hidayatullah MPd menyampaikan dalam apel rutin, Senin (8/5/2023), bahwa serapan anggaran lembaga pemerintah di seluruh Indonesia harus mencapai 70 persen pada akhir Juni. 

Baca Juga : 13.552 Siswa di Kota Malang Ikuti UKD Jalur Prestasi Rapor PPDB SMP

Besaran serapan anggaran tersebut juga berlaku untuk instansi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperti UIN Maliki Malang. Saat ini capaian serapan anggaran UIN Maliki Malang masih di angka 11 persen.

Untuk itu, pihaknya berharap capaian serapan anggaran UIN Maliki Malang dapat mencapai besaran target seperti yang telah ditentukan. Menurutnya, perlu langkah strategis atau percepatan dalam mencapai target tersebut. 

"Dan hal ini perlu adanya percepatan penyerapan anggaran," tegasnya.

Karenanya, berbagai langkah strategis harus tetap dilaksanakan seperti halnya mengoptimalkan berbagai kegiatan fakultas, lembaga hingga Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan membelanjakan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan di bulan Juni. 

Termasuk juga menyelesaikan pencairan-pencairan di Projects Manajemen Unit (PMU) sesuai dengan pelaksanaan pekerjaan yang telah disusun dan dilakukan. 

Upaya maksimal harus tetap dilaksanakan dan perlu strategi untuk mengoptimalkan di fakultas, lembaga dan UPT utuk semaksimalkan mungkin membelanjakan segala kebutuhan di bulan Juni dan juga menyelesaikan pencairan PMU sesuai dengan pelaksanaan pekerjaan yang telah dilakukan.

Baca Juga : Dindik Kabupaten Malang Upayakan Pendidikan Kesetaraan untuk Pemerataan Pendidikan

"Sumber keuangan di UIN Maliki Malang ada empat kriteria mulai dari RMP, RM, PNBP, PHLN. 40 persen sumber dana terpusat di PHLN yang difokuskan untuk pembangunan kampus tiga," paparnya.

Bahkan, kementerian pun telah menegaskan pada tahun politik ini jika dalam upaya penyerapan lambat, maka akan disibukan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan politik.

Karena itulah, seluruh satker yang ada di bawah pemerintahan, baik itu diknas maupun kemenag harus dapat memaksimalkan penyerapan anggaran hingga Juni.

"Siapapun pejabat yang tidak responsif terhadap kebijakan ini akan di evaluasi kembali," pungkasnya.


Topik

Pendidikan uin maliki malang serapan anggaran aupk uin maliki malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana