Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

UM-PTKIN di UIN Malang, Prodi Ini Paling Diminati 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

29 - May - 2023, 20:53

Dari kiri, Ketua Panlok UM-PTKIN UIN Malang, Imam Ahmad, Rektor UIN Malang, Prof Dr Zainuddin MA, WR 1 Prof Dr Umi Sumbullah MAg, dan Karo AAKK, Dr Barnoto MPdI (foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Dari kiri, Ketua Panlok UM-PTKIN UIN Malang, Imam Ahmad, Rektor UIN Malang, Prof Dr Zainuddin MA, WR 1 Prof Dr Umi Sumbullah MAg, dan Karo AAKK, Dr Barnoto MPdI (foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) banyak dipilih para pendaftar. 

Pada FTIK, ada 1547 peserta memilih Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Menyusul Fakultas Syariah menjadi yang banyak diminati pada posisi kedua. Peminat di fakultas Ini, mencapai 1229 peserta. Pada fakultas ini, Prodi Hukum Ekonomi Syariah diminati oleh 904 peserta. Dan sisanya tersebar pada prodi lain yang ditawarkan.

Baca Juga : 3.060 Calon Mahasiswa Ikuti UM-PTKIN di UIN Malang

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Hj Umi Sumbulah menyampaikan, bahwa pendaftar melalui jalur UM-PTKIN ini mencapai 10.016 peserta. Dalam UM-PTKIN, prodi yang ditawarkan adalah prodi keagamaan. Terdapat 13 Prodi yang ditawarkan dalam UM-PTKIN 2023 ini.

"Alhamdulillah total peminat dari pilihan pertama, kedua, dan ketiga mencapai 10.016 peserta," paparnya.

Prof Dr H Nizar Ali MAg, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI menyampaikan dalam keterangan melalui sambungan virtual berharap, agar setiap perguruan tinggi dapat melakukan evaluasi terhadap program studi yang jumlah pendaftarnya sedikit.

Dijelaskannya, bahwa evaluasi ini tentunya bukan untuk menghapus prodi tersebut, tetapi justru untuk melakukan langkah strategis agar bagaimana prodi tersebut banyak diminati.

"Ini (evaluasi) untuk melakukan penguatan agar prodi semakin diminati. Prodi dapat memberikan peluang beasiswa bagi calon mahasiswa, sehingga bisa menarik minat mereka," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (AAKK), Dr H Barnoto MPdI mengharapkan, hasil seleksi calon mahasiswa baru dari jalur UM PTKIN dapat benar-benar dapat menghasilkan mahasiswa unggul. 

Baca Juga : Rambut Beruban? Terlarang untuk Diwarnai dengan Warna Ini

Hal ini tentunya sesuai dengan visi dan misi kampus. Melalui seleksi ini, diharapkan UIN Malang bisa mendapat calon mahasiswa yang unggul tidak hanya dalam aspek akademik, namun juga dalam karakter ulul albab, yakni mereka yang berzikir, berfikir, dan beramal shaleh. 

Di sisi lain, Ketua Panlok UM PTKIN UIN Maliki Malang, H Imam Ahmad, menyampaikan, bahwa terdapat 3.060 peserta yang mengikuti ujian UM-PTKIN di UIN Maliki Malang. Sedang secara keseluruhan, total pendaftar UM-PTKIN mencapai 10.016 pendaftar. 

"Kuota penerimaan adalah 1.200 calon mahasiswa," jelasnya ketika mendampingi rektor.


Topik

Pendidikan UM PTKIN uin malang uin maliki malang ptkin


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni

Pendidikan

Artikel terkait di Pendidikan