Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Implementasi Program Matching Fund, Unidha Malang Jalin Kerjasama dengan Kemenag Kota Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

24 - May - 2023, 12:33

Rektor Unidha Malang Prof Dr Suko Wiyono menjalin MoU dengan Kemenag Kota Malang (Ist)
Rektor Unidha Malang Prof Dr Suko Wiyono menjalin MoU dengan Kemenag Kota Malang (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Wisnuwardhana (Unidha) Malang 
menjalin kerjasama dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang. 

Kerjasama ini menjadi wujud implementasi Program Matching Fund tahun 2023. 

Baca Juga : Dinas Pendidikan Banyuwangi Berupaya Tuntaskan Masalah Guru Honorer Bulan November 2023

Rektor Unidha Malang Prof Dr Suko Wiyono SH MH menyampaikan, bahwa tim dari Unidha Malang telah membuat sebuah aplikasi yang akan membantu mempermudah Kemenag Kota Malang dalam pengelolaan zakat dan wakaf.

"Tentunya ini kan bagus. Pengembangan IT ini mendukung transparansi dalam pengelolaan laporan zakat atau wakaf. Sehingga ini keuntungannya, IT kan jujur," jelasnya.

Lebih dari itu, pihaknya berharap, jalinan kerjasama ini tak hanya terbatas pada bidang teknologi, namun juga bisa merambah ke bidang lainnya, seperti halnya Psikologi ataupun terkait ekonomi. 

"Banyak hal-hal lain, termasuk juga terkait dengan Fakultas Hukum. Tentu dengan kerjasama ini kami juga diuntungkan, mahasiswa Unidha juga dapat magang di Kemenag," paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Achmad Sampton, jalinan kerjasama dengan Unidha Malang ini tentunya juga selaras dengan program dari Kemenag yakni transformasi digital. 

"Sehingga, ini akan sangat memudahkan dalam hal pelayanan. Tidak ada alasan dari Kemenag untuk mengatakan tidak dapat melayani dengan teknologi," jelasnya. 

1

Terkait aplikasi pengelolaan zakat, selama ini memang masih mengunakan sistem manual. Sehingga, banyak hal yang terkait dengan pertanggungjawaban mengalami sedikit permasalahan. 

Karena itu, dengan sebuah aplikasi yang dirancang dari Unidha tentunya akan semakin memudahkan dalam administrasi maupun pelaporan dari zakat atau wakaf. Mengunakan aplikasi tentu akurasi data akan lebih baik dibandingkan manual. 

"Kerjasama seperti ini akan menjadi satu hal yang menguntungkan dan saya yakin tak akan pernah sia. Menjaga integritas dalam pengelolaan zakat maupun wakaf," terangnya.

Baca Juga : Segera Direlokasi, Gedung Baru SMPN 6 Kota Blitar Mulai Tahap Pembangunan

Ketua Tim Pengusul SIMKATWA, Bayu Firmanto mengatakan, bahwa aplikasi yang diusulkan untuk membantu Kemenag Kota Malang dalam pengelolaan administrasi wakaf maupun zakat adalah SIMKATWA. Ini merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen Zakat dan Wakaf. 

Dengan aplikasi ini, keakuratan data lebih baik. Dengan mengunakan aplikasi ini, tentunya akan memberikan kemudahan bagi pengelola. Selama ini, pelaporan pengelolaan zakat di Kemenag dilakukan secara manual. Mulai dari penginputan data muzakki, jumlah pendapatan zakat dari setiap satker, sampai pada nominal zakat yang sudah dikeluarkan oleh UPZ dengan menggunakan data excel.

Dengan adanya SIMKATWA akan memberikan kemudahan bagi pengelola zakat baik satker maupun penyelenggara zakat wakaf (UPZ). Keunggulan rekacipta SIMKATWA antara lain, menampilkan rekapitulasi otomatis pengelolaan zakat profesi baik secara angka, persentase bentuk grafik dan lain sebagainya; Memberikan tanda terima zakat profesi satuan kerja yang sudah menyetorkan ke UPZ di penyelenggara zakat dan wakaf.

Kemudian, memberikan fasilitas daftar potongan zakat profesi ASN secara otomatis sesuai dengan bulan penyaluran yang dibutuhkan. Dan yang terakhir dapat menampilkan data pelaporan penyaluran dan penerimaan secara lengkap detail dan transparan dan bisa di baca secara publik.

"Aplikasi ini rencananya akan digabung dengan aplikasi Kemenag  yang sudah ada, agar masyarakat bisa meninjau secara langsung melalui website Kemenag," pungkasnya.


Topik

Pendidikan unidha malang kemenag kota malang program matching fund 2023


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana