Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Mahasiswa Humaniora UIN Maliki Sabet Juara 1 Musabaqah Khaththil Qur'an

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

22 - Mar - 2023, 13:31

Zaqhul Ammar dari Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora menyabet juara 1  Musabaqah Khaththil Qur'an (MQK).  (Ist)
Zaqhul Ammar dari Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora menyabet juara 1 Musabaqah Khaththil Qur'an (MQK). (Ist)

JATIMTIMES - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus mencatatkan prestasi gemilang. Baru-baru ini mahasiswa dari Fakultas Humaniora UIN Malang menyabet juara 1 Musabaqah Khaththil Qur'an (MQK) pada acara Musabaqah Qur'aniyyah Ulul Albab (MAQRUB) tingkat Jawa Timur. 

Mahasiswa tersebut adalah Zaqhul Ammar, dari Program Studi (Prodi) Prodi Bahasa dan Sastra Arab. 

Baca Juga : Muncul Dugaan Alshad Ahmad Menikah saat Pacaran dengan Tiara Andini 

 

Menyabet juara 1,  mahasiswa semester dua itu mengaku membutuhkan perjuangan yang cukup keras sampai akhirnya dapat mengalahkan peserta - peserta lainnya. 

Dalam kegiatan yang digelar oleh Hai'ah Tahfidz Al-Qur'an (HTQ) pada Sabtu - Minggu (18-19 Maret 2023) itu,  Zaqhul menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam melukis seni kaligrafi Al-Qur'an. Capaian ini  merupakan capaian yang membanggakan. 

Prestasi yang diraih, menurut Zaqhul, juga tak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk juga HTQ UIN Maliki Malang yang memberikan kesempatan untuk mengikuti MAQRUB. Termasuk juga para dosen dan teman-teman seperjuangan yang telah memberikan motivasi dalam persiapan.

"Saya merasa sangat senang dan bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk mengikuti kompetisi ini. Hasil ini menjadi tambahan motivasi saya tentang Al-Qur'an agar bisa menjadi lebih baik lagi di masa depan," ujar Zaqhul.

Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Maliki Dr Abdul Basid menambahkan, prestasi yang diraih Zaqhul tentunya dapat memotivasi atau menginspirasi mahasiswa lainnya untuk juga menorehkan capaian yang sama. 

Selain itu, hal ini tentunya  membanggakan bagi UIN Maliki Malang. Sebab, nama UIN Maliki Malang semakin dikenal dan mampu bersaing di kancah naisonal. "Kami berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi," ujar Dr Abdul Basid.

Baca Juga : Ketahuilah, 6 Waktu Saat Jin Akan Mengganggumu

 

Dekan Fakultas Humaniora Dr M. Faisol juga menyampaikan apresiasinya. Senada dengan Abdul Basid, pihaknya juga mengharapkan prestasi ini juga memotivasi mahasiswa lainnya untuk juga berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

"Selamat atas pencapaian Zaqhul Ammar sebagai juara 1 MAQRUB tingkat Jawa Timur. Kami berharap prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa Fakultas Humaniora yang lain untuk terus berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik," pungkasnya.

 


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy