Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Funlearning Digital, Inovasi Kreatif Dosen Farmasi FKIK UIN Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Dec - 2022, 19:42

Funlearning Digital meraih Best of Product Display, East Java Governor`s Trophy pada gelaran 1st MIISE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Ist)
Funlearning Digital meraih Best of Product Display, East Java Governor`s Trophy pada gelaran 1st MIISE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang memang kaya akan SDM berkualitas dan berprestasi. Salah satunya adalah Apt Novia Maulina MFarm. Ia merupakan salah satu SDM dosen di Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) yang memiliki banyak prestasi dan inovasi. 

Salah satu inovasi bukan hanya berkaitan tentang kefarmasian, ia juga mempunyai inovasi di sektor bisnis. Inovasi itu telah terimplementasi pada bisnis UMKM bernama Funlearning_id.  Funlearning_id ini berkaitan dengan dunia pendidikan, khususnya permainan edukasi.

Baca Juga : CEKERUN Cara Disbudparpora Kota Kediri Tarik Wisatawan Olahraga

Inovasi itu juga berpartisipasi dalam acara Maliki 1st International Islamic and Science Exp (MIISE) yang dilaksanakan pada 15-16 November 2022 lalu. MIISE sendiri merupakan sebuah acara seminar dan workshop yang diselenggarakan menghadirkan pameran dan kompetisi produk dalam ranah industri halal, media pembelajaran dan teknologi dengan nilai Islam, dan aplikasi digital dalam industri halal. 

Dalam gelaran 1st MIISE UIN Maliki Malang itu, Funlearning Digital meraih Best of Product Display, East Java Governor's Trophy. Selain itu, Funlearning Digital telah mengikuti event South Asean Conference Media serta berbagai virtual expo. 

Fun Learning Digital juga telah meraih Top 10 Anugerah Masyarakat Inovatif Oleh Kementerian Ristek/BRIN serta telah menjadi Mitra Implementasi Start Up Kementerian Perindustrian.

Novia menjelaskan awal merintis bisnis ini. Mulanya, Funlearning menyediakan berbagai alat peraga edukatif seperti permainan berbahan dasar kain flannel dan kartu-kartu sebagai alat peraga pembelajaran yang menyenangkan. Bisnis ini telah ia mulai sejak dua tahun lalu.

Funlearning terus maju, hingga kemudian bekerja sama dengan Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Universitas Negeri Malang, yaitu Disruptive Learning Innovation. Lewat kolaborasi itu, beragam ide menarik kian berkembang. Permainan konvensional kemudian digagas sedemikian rupa. Seperti pengenalan solar sistem, organ tubuh, emosi, siklus hujan, siklus hewan, dan siklus tanaman. 

Baca Juga : Buntut Erupsi Gunung Semeru, Jepang Siaga Ancaman Tsunami

Selain itu, pengembangan juga dilakukan melalui digital. Permainan digital berbasis game online serta memanfaatkan teknologi augmented reality dikembangkan Novia bersama tim. Hal ini tentunya untuk memperkenalkan sebuah permainan yang menyenangkan tetapi mengandung nilai edukasi yang bermanfaat. 

Pihaknya mentargetkan, untuk mengandeng banyak investor yang bergerak dalam bidang pendidikan, seperti halnya sekolah mulai jenjang playgroup hingga jenjang perguruan tinggi.

"Kedepannya, saya berharap Funlearning Digital dapat menyediakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa dari berbagai jenjang pendidikan. Selain itu, harapan saya melalui 1st MIISE ini adalah untuk membuka peluang terhadap institusi atau dinas yang memerlukan media pembelajaran digital," jelasnya.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri