Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Garut, Getarannya Terasa di Jakarta dan Bandung

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

03 - Dec - 2022, 06:17

Gempa di Garut. (Foto dari Twitter BMKG)
Gempa di Garut. (Foto dari Twitter BMKG)

JATIMTIMES - Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022). Getaran gempa terasa hingga Jakarta dan Bandung. Informasi gempa itu disampaikan oleh BMKG melalui akun Twitter resminya. BMKG menyampaikan, gempa itu terjadi pada pukul 16.49 WIB.

Gempa

"#Gempa Mag:6.4, 03-Dec-2022 16:49:42WIB, Lok:7.49LS, 107.58BT (46 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), Kedlmn:106 Km #BMKG," tulis BMKG di Twitter.

Baca Juga : DPUPRPKP Kota Malang Turut Aktif dalam Pengembangan Ilmu Kearsipan

BMKG menambahkan disclaimer, bahwa parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat kecuali sudah dianalisis ulang seismologis. Sementara, belum ada informasi kerusakan ataupun korban akibat gempa ini. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu membenarkan kabar gempa terjadi pada pukul 16.49 WIB. Ia juga membenarkan pusat gempa itu berada di barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 118 kilometer.

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat," kata Rahayu di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022).

Rahayu kemudian membeberkan beberapa daerah yang turut merasakan gempa yang berpusat di Garut itu. Adapun wilayah yang turut merasakan getaran gempa itu di mulai dari Tasik, Sukabumi, Garut, Bandung, dan beberapa daerah lainnya.

Baca Juga : Wanita Berhijab di Malang Ini Viral Bikin Konten Makan Sate Babi, Begini Klarifikasinya

Menurut Rahayu kedalaman gempa itu masuk ke kategori menengah sehingga guncangannya masih bisa dirasakan. Rahayu juga mengatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana

Berita Lainnya