Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Bupati Sanusi Maju Lagi di Pilkada Kabupaten Malang, Cari Wakil dari PKB

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

19 - Apr - 2024, 14:50

Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui di Pendapa Kantor Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Kamis (18/4/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui di Pendapa Kantor Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Kamis (18/4/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi hampir dapat dipastikan bakal maju kembali pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang tahun 2024. Dia bakal maju kembali menjadi bakal calon Bupati Malang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang saat ini telah mengantarkan dirinya menjadi Bupati Malang. 

Sanusi mengatakan, bahwa keputusan dicalonkannya kembali dirinya di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024 sebagai Bakal Calon Bupati Malang, merupakan keputusan dari rapat para Ketua DPC PDIP se-Jawa Timur (Jatim). Dalam keputusan tersebut, menyebutkan bahwa para kepala daerah yang berasal dari PDIP akan dimajukan kembali di Pilkada serentak tahun 2024.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

"Sebelum puasa ada rapat DPD PDIP Jawa Timur, semua kepala daerah yang berasal dari PDI Perjuangan ditetapkan kembali untuk maju di Pilkada 2024. Sehingga saya dicalonkan kembali oleh PDI Perjuangan," ungkap Sanusi. 

Sanusi pun mengatakan, bahwa saat ini pihaknya telah melakukan komunikasi dan konsolidasi secara intens dengan jajaran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang terkait jalinan koalisi di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024. 

"Nanti insya allah saya berdampingan dengan PKB. Jadi nanti BangJo, Abang dan Ijo (merah dan hijau), semongko, dipangan enak (semangka, dimakan enak). Mudah-mudahan nanti barokah," tutur Sanusi. 

Namun, disinggung mengenai persiapan Sanusi menghadapi pertarungan politik di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024, Sanusi mengaku masih belum mempersiapkan apapun. 

"Belum ada (persiapan), ini masih menunggu rekom. Kan ini saya belum ada rekom dari DPP, baik dari PDIP maupun PKB," ungkap Sanusi kepada JatimTIMES.com. 

Baca Juga : Politikus Gerindra Pasang Badan Soal Pencalonan Kiai Abdul Hamid di Pilkada Situbondo-Bondowoso

Pria asli Kabupaten Malang yang saat ini menjabat sebagai fungsionaris DPC PDIP Kabupaten Malang ini mengatakan, pihaknya terus menjalin komunikasi dan konsolidasi secara intens. "Komunikasi sudah berjalan. Dengan PDIP sudah, dengan PKB sudah, tinggal nanti menunggu rekom resminya dari DPP," tutur Sanusi. 

Untuk sosok pendamping dari PKB yang nantinya akan mendampingi dirinya di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024 sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Malang, Sanusi tidak memiliki kriteria khusus. Sanusi menyerahkan sepenuhnya kepada jajaran PKB. "Nggak ada (kriteria khusus). Itu kewenangan dari masing-masing partai," kaya Sanusi. 

Sementara itu, pihaknya pun berharap, beberapa partai politik (parpol) pemenang di Kabupaten Malang pada momentum Pemilu 2024 nantinya juga dapat bergabung dengan koalisi PDI Perjuangan dan PKB. "Mudah-mudahan partai yang lain juga bisa bergabung. Termasuk Golkar, Gerindra dan NasDem," pungkas Sanusi.
 


Topik

Politik hm sanusi bupati malang pdip kabupaten malang pkb pilkada kabupaten malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya