Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Selain Erupsi, Gunung Semeru Juga Alami 8 Kali Gempa dalam Waktu 6 Jam

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Dec - 2022, 07:56

Gunung Semeru kembali erupsi. (Foto dari internet)
Gunung Semeru kembali erupsi. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Aktivitas Gunung Semeru masih tinggi pada hari ini, Minggu (4/12/2022). Selain mengalami erupsi, PVMBG juga mencatat aktivitas kegempaan Semeru.

Berdasar situs magma.vsi.esdm.go.id, tercatat 8 kali gempa letusan dan 1 gempa awan panas guguran dalam kurun waktu 6 jam. Yakni mulai 00.00-06.00 WIB, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga : Funlearning Digital, Inovasi Kreatif Dosen Farmasi FKIK UIN Malang

Hal itu disampaikan oleh Martanto, petugas PVMBG melalui keterangan tertulis.

"Hal ini menunjukkan aktivitas erupsi dan awan panas guguran di Gunung Semeru masih sangat tinggi. Selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di Gunungapi Semeru," tulisnya.

Martanto juga menjelaskan bahwa dari hasil pemantauan deformasi, proses suplai magma masih bisa mengalami peningkatan. 

Suplai magma itu bisa ke magma dalam kantong magma maupun ke permukaan.

"Pemantauan area panas (hotspot) menunjukkan peningkatan adanya anomali thermal menjadi 15 Mw di sekitar area kawah yang mengindikasikan masih adanya tumpukan material panas pada kawah Gunungapi Semeru," tambahnya.

Baca Juga : Inilah 22 Titik Pengungsi Erupsi Semeru Sampai Pukul 17.00

Sebelumnya, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, mencatat, awan panas guguran dari puncak Gunung Semeru memiliki kolom abu berwarna kelabu.

Abu berwarna kelabu itu juga telah memasuki kawasan Kabupaten Malang seperti Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Namun karena adanya hujan, kondisi kembali kondusif dan hujan abu itu pun mulai berkurang.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri

Berita Lainnya