Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Atlet Pelatnas Ramaikan Turnamen Catur Nasional Piala Ketua KONI Kota Malang Djoni Sudjatmoko

Penulis : Hendra Saputra - Editor : A Yahya

24 - Feb - 2024, 20:23

Ilustrasi pertandingan catur (foto: chess.com)
Ilustrasi pertandingan catur (foto: chess.com)

JATIMTIMES - Turnamen Catur Nasional Piala Ketua KONI Kota Malang Djoni Sudjatmoko bakal berlangsung seru. Event yang diselenggarakan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Malang bersama jatimtimes.com dengan dukungan penuh KONI Kota Malang ini bakal diramaikan sejumlah pemain papan atas. Di antaranya adalah para atlet catur nasional yang masuk dalam daftar Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas).

“Sudah ada sejumlah atlet catur pelatnas yang berkomunikasi akan menyemarakkan Turnamen Catur Nasional Piala Ketua KONI Kota Malang Djoni Sudjatmoko,”  kata Ketua Percasi Kota Malang, Thatit Budisucahyo, Sabtu (24/2/2024).

Baca Juga : Ini Cara Mama Evi dalam Mengembangkan Bola Basket di Jatim

Budi panggilan akrabnya, atlet pelatnas yang berkomunikasi itu tidak hanya yang berasal dari Kota Malang tapi, juga dari sejumlah daerah lainnya. Saat ini ada dua atlet catur Kota Malang yang masuk dalam pelatnas, yakni Nayaka Budidharma, dan Josephine Grace Rondonuwu. 

“Ada nama-nama seperti Nayaka (Nayaka Budidharma, Red) sama Opin (Josephine Grace Rondonuwu, Red) mereka dari Kota Malang sendiri. Lalu ada dari Sidoarjo satu. Kebetulan Jatim ada tiga yang ikut pelatnas, lainnya ada yang Jateng (Jawa Tengah) dan Kaltim (Kalimantan Timur),” beber Budi.

Keikutsertaan atlet catur Pelatnas itu tidak hanya semata-mata untuk menyemarakkan turnamen tapi, juga untuk uji tanding sekaligus menambah jam terbang pada kejuaraan catur bergengsi pada awal tahun 2024 ini.

Selain diikuti atlet papan atas, pada Turnamen Catur Nasional Piala Ketua KONI Kota Malang Djoni Sudjatmoko ini juga banyak pecatur usia muda yang akan mengikuti kelas senior. "Banyak di antara adik-adik yang masih junior ini maunya ikut di kelas senior. Mereka ingin mencari pengalaman, dan menambah jam terbang. Meski masih junior, kualitas mereka juga tidak kalah dengan seniornya, jangan salah,” kata Budi.

Sebagai informasi, turnamen catur nasional bertajuk Piala Ketua KONI Kota Malang Djoni Sudjatmoko rencananya digelar pada Sabtu (9/3/2024) di Gedung Malang Creative Center (MCC) Jalan A Yani, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Jumlah peserta yang ditargetkan sebanyak 300 orang ini, ini akan memperebutkan hadiah total senilai Rp 12,5 juta. Untuk pendaftaran turnamen Piala Ketua KONI Kota Malang Djoni Sudjatmoko sudah mulai dibuka. Pendaftaran bisa melalui https://bit.ly/CaturPialaKetuaKoniKotaMalang.

Turnamen catur nasional ini akan menggunakan sistem Swiss Manager atau format turnamen catur non-eliminasi yang menampilkan jumlah putaran kompetisi yang tetap, tetapi jauh lebih sedikit daripada turnamen round-robin; dengan demikian setiap pesaing tidak memainkan semua pesaing lainnya.

Baca Juga : Lawan Persija, Arema FC Tetap Imbau Suporter Tamu Tak Hadir

Dalam sistem Swiss, setiap pemain akan memainkan sejumlah putaran yang telah ditentukan sebelumnya, biasanya 5-7 putaran. Pada setiap putaran, pemain akan dipasangkan dengan pemain lain yang memiliki jumlah poin yang sama atau hampir sama. Pemenang akan mendapatkan 1 poin, remis akan mendapatkan 0,5 poin, dan kalah akan mendapatkan 0 poin.

Pemenang turnamen adalah pemain dengan jumlah poin terbanyak pada akhir turnamen. Jika dua pemain memiliki jumlah poin yang sama, maka tiebreaker akan digunakan untuk menentukan pemenang. “Sistem pertandingan menggunakan Swiss Manager, dengan waktu pikir 10+3. Untuk jumlah tanding sebanyak 8 babak,” beber Budi.

Pada turnamen bergengsi ini dibuka tiga kategori, kategori U-15 Putra, U-15 Putri dan kategori senior atau umum. Dengan turnamen ini, Budi berharap dunia percaturan di Kota Malang lebih baik ke depannya. Apalagi dapat meningkatkan perekonomian dengan banyaknya peserta yang datang ke Malang.

“Peserta kan ada sekitar 250 sampai 300an, ya kemungkinan bisa membawa dampak ekonomi di sekitar MCC. Apalagi ini menyambut HUT Kota Malang pada bulan April nanti,” beber Budi.


Topik

Olahraga lomba catur turnamen catur piala ketua koni kota malang thatit budisucahyo percasi kota malang nayaka budidharma


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

A Yahya