Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

KIP Kuliah Bisa Dipakai Daftar PTN Jalur SNBP, SNBT, Mandiri? 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

24 - Feb - 2024, 08:08

Ilustrasi program KIP Kuliah Merdeka 2024. (Foto: Instagram)
Ilustrasi program KIP Kuliah Merdeka 2024. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Belakangan ini program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2024 tengah menjadi trending dalam penelusuran Google. Banyak calon mahasiswa yang mencari informasi terkait informasi KIP Kuliah

Diketahui, pendaftaran KIP Kuliah 2024 sudah dibuka sejak 12 Februari 2024 lalu hingga 31 Oktober 2024 mendatang. Pemerintah melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang dikelola Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) menyediakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024. 

Baca Juga : Kisah Letkol Susdaryanto, Pengkhianat yang Jual Data ke Rusia 

KIP Kuliah memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin menempuh pendidikan tinggi. Syaratnya, mereka berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin, namun memiliki prestasi. Salah satu manfaat KIP Kuliah adalah jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi berdasarkan akreditasi program studi (prodi).

Lantas apakah KIP Kuliah bisa dipakai untuk mendaftar SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan Jalur Mandiri?

Sebagai informasi, SNPMB 2024 memiliki tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri. Sistem seleksi mandiri biasanya dilakukan masing-masing PTN. 

Melansir Instagram @pejuangmasukptn, rupanya KIP Kuliah bisa dipakai untuk mendaftar ketiga jalur SNPMB 2024. Sebab, seleksi lanjutan penerima KIP Kuliah 2024 seperti seleksi administrasi, wawancara, dan survey baru dilakukan ketika kamu lolos di Perguruan Tinggi Negeri terkait.

Hal ini berarti kamu harus lolos terlebih dahulu melalui jalur seleksi baik SNBP, SNBT maupun jalur mandiri. Dapat disimpulkan bahwa, pendaftaran KIP Kuliah 2024 tidak memengaruhi seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN baik jalur SNBP, SNBT, maupun jalur lainnya.

Oleh karenanya, calon mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin dapat mendaftar ke perguruan tinggi dengan memanfaatkan program KIP Kuliah. 

Selain mendaftar, para calon mahasiswa ketiga jalur juga akan mendapatkan manfaat pembiayaan secara penuh. Pada saat melakukan pendaftaran KIP Kuliah, nantinya peserta akan memilih jalur seleksi yang bakal diikuti, yakni antara jalur SNBP, SNBT, atau Mandiri. 

Proses ini terjadi setelah siswa memasukkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk menyelesaikan registrasi KIP Kuliah Merdeka 2024. Setelah itu, siswa akan memasuki pilihan jalur seleksi tersebut: SNBP/SNBT/Mandiri. Jika sudah diterima di perguruan tinggi yang dituju, maka dapat dilakukan verifikasi oleh perguruan tinggi dan diusulkan ke Puslapdik untuk ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah. Berikut ini jadwal ketiga jalur masuk PTN: 

SNBP

Pengumuman kuota sekolah: 28 Desember 2023

Masa sanggah kuota sekolah: 28 Desember 2023-17 Januari 2024

Pengisian PDSS: 9 Januari-9 Februari 2024

Pendaftaran SNBP: 14-28 Desember 2024

Pengumuman SNBP: 26 Maret 2024

SNBT

Pendaftaran UTBK SNBT: 21 Maret-5 April 2024

UTBK gelombang: 30 April dan 2-7 Mei 2024

UTBK gelombang 2: 14-20 Mei 2024

Pengumuman SNBT: 13 Juni 2024

Masa unduh sertifikat UTBK SNBT: 17 Juni-31 Juli 2024

MANDIRI

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah jalur seleksi mandiri tahun 2024 kemungkinan dimulai pada tanggal 16 Juni hingga 7 Oktober bagi PTN. Sedangkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menggelar jalur mandiri sekitar tanggal 23 Juni hingga 31 Oktober 2024.


Topik

Pendidikan kartu indonesia pintar kip kip kuliah daftar snbp


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana