Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mas Dhito Awasi Kenaikan Harga Bapok: Jangan Sampai Ada Gejolak!

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Mar - 2023, 22:47

Bupati Kediri saat memberikan keterangan. (Foto: istimewa)
Bupati Kediri saat memberikan keterangan. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Memasuki awal Ramadan, harga bahan pokok (bapok) menunjukkan geliat kenaikan. Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana terus mengawasi pergerakan harga di pasar. 

Melalui Tim Satgas Pangan Kabupaten Kediri, bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengendalikan harga. 

Baca Juga : Stok Telur Daging Ayam dan Daging Sapi di Banyuwangi Aman untuk Bulan Ramadan Sampai Lebaran

Tim yang berada di Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri itu seminggu belakangan intens terjun ke lapangan untuk mengecek langsung kondisi harga. 

“Pergerakan (harga) harus kita amati terus, jangan sampai ada gejolak di masyarakat," kata Kepala DKPP, Tutik Purwaningsih, Kamis (23/3/2023). 

Pihaknya menerangkan, dari pantauan yang dilakukan baik pantauan di lapangan maupun lewat aplikasi memang terjadi kenaikan harga untuk beberapa item bapok.

“Dalam pantauan kami memang ada beberapa bahan pokok yang sudah mulai naik,” tuturnya. 

Tutik menyebutkan, salah satu kenaikan tersebut terjadi untuk telur ayam. Per 21 Maret 2023 mencapai Rp 30 - Rp31 ribu per kilogram. Jika dibanding awal Februari, telur mengalami kenaikan hingga Rp 4 ribu. 

Di samping itu, harga daging ayam ras pun terpantau naik hingga Rp 5 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 28 ribu. 

Untuk mengendalikan harga tersebut, operasi pasar direncanakan akan dilakukan di minggu pertama ramadan. Sehingga harapannya, beberapa bapok yang mengalami kenaikan akan stabil. 

Baca Juga : Diduga Terlibat Penipuan, MPM Kebonsari Justru ‘Korbankan’ Karyawan

“Operasi pasar terus kita lakukan sesuai instruksi Mas Bup (Mas Dhito), sebulan terakhir kita sudah di 31 titik,” ungkap perempuan yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Perdagangan itu. 

Searah dengan apa yang dilakukan DKPP, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Dyah Saktiana juga merencanakan pasar murah. 

Pasar murah ini direncanakan akan diadakan di dua titik perbatasan Kabupaten Kediri menjelang Idul Fitri nanti. 

“Kita rencanakan menjelang Idul Fitri, ada di dua titik,” tutur Dyah.(adv)


Topik

Peristiwa operasi pasar Kediri Pemkot Kediri


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Sri Kurnia Mahiruni