Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Undang Pamateri Bersertifikasi Google, 2 Prodi Unikama Kolaborasi Majukan Sektor UMKM 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Mar - 2023, 14:39

Sosialiasi Pendampingan Digitalisasi Marketing bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (istimewa)
Sosialiasi Pendampingan Digitalisasi Marketing bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (istimewa)

JATIMTIMES - Bentuk pengabdian dan kontribusi terhadap masyarakat, Program Studi (Prodi) Sistem Informatika (SI) dan Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) berhasil menggelar Sosialiasi Pendampingan Digitalisasi Marketing bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

50 mahasiswa Unikama dan para pelaku UMKM se-Malang Raya hadir dalam kegiatan itu. 

Baca Juga : Jayandaru Youth Night Paradise 2023, Asah Bakat, Talenta dan Ekspos Karya Seni Lokal Sidoarjo

Hadir pemateri tersertifikasi Google, yakni PT Tanama Persada Nusantara. Dalam Sosialiasi Pendampingan Digitalisasi Marketing bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini, materi yang dipaparkan adalah perihal Digitalisasi Marketing. 

1

Sekretaris Prodi PPKn, Engelbertus Kukuh Widijatmoko SH MPd menyampaikan apresiasi kepada pihak pemateri yang hadir. Menurutnya, adanya sosialisasi ini tentunya akan berimbas positif dalam menambah wawasan para mahasiswa maupun para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya.

Slamet Nur Yono, pemateri dari PT Tanama Persada Nusantara, menjelaskan bahwa digitalisasi Marketing bagi para pelaku UMKM sangatlah penting. Perkembangan teknologi yang terus maju, tentunya tak dapat dipungkiri lagi. Berbagai aspek yang ada tentunya akan terpengaruh dengan teknologi, termasuk dalam dunia UMKM.  

"Perlu diketahui 10-15 tahun lagi saya pastikan semua transaksi di dunia ini memakai digital. Di era digital saat ini, digitalisasi marketing sudah menjadi keharusan bagi bisnis yang ingin tetap bersaing dan berkembang," terangnya.

2

Lebih lanjut dijelaskannnya, bahwa dengan memanfaatkan teknologi ini, dalam proses pemasaran akan lebih efektif dan lebih efisien. Dengan pemanfaatan teknologi membantu bisnis menjangkau lebih banyak orang dalam waktu yang lebih cepat dan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.

Baca Juga : Hadirkan Dua Pakar, Unisma Sikapi Pentingnya Peran Bahasa

"Banyak sarana dalam digital marketing, mulai dari pemanfaatan media sosial, email marketing, mesin pencarian, iklan digital maupun website yang dapat dioptimalkan," paparnya.

Sementara itu, Nopi Purdyawati salah satu pelaku UMKM, berharap dengan diadakannya sosialisasi ini pelaku UMKM bisa mendapatkan insight untuk memulai men-digitalkan usaha mereka. 

"Pelatihan seperti ini diharapkan dapat berkesinambungan untuk mendorong berkembangnya UMKM di dunia digital," pungkasnya.


Topik

Pendidikan UMKM umkm kota malang kota malang unikama unikama malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni