Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sebut Ciliwung sebagai Aset Warga, Menteri PUPR dan PJ Gubernur DKI Susuri Sungai

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Dec - 2022, 06:02

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyusuri Sungai Ciliwung. (Foto dari internet)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyusuri Sungai Ciliwung. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyusuri Sungai Ciliwung dengan menaiki perahu motor pada Minggu (4/12/2022).

Keduanya memulai penyusuran dari Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Selanjutnya, keduanya menaiki perahu menyusuri Sungai Ciliwung di sekitar kawasan tersebut.

Baca Juga : Doa Bersama dan Pemutaran Film Dokumenter Erupsi Semeru Dibatalkan

Basuki dan Heru Budi kemudian berhenti di tepi Sungai Ciliwung BNI City. Mereka lalu naik ke atas panggung untuk memberi sambutan terkait Kejurnas Dayung 2022.

Dalam kesempatan itu, Heru Budi memberikan sepatah dua kata pada masyarakat. Ia meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah di Ciliwung.

Heru Budi juga menyebut Sungai Ciliwung sebagai aset bagi warga Jakarta.

"Terimakasih, tadi kami bersama Pak Menteri PUPR dan jajarannya. Terima kasih untuk panitia yang sudah memberikan kesempatan pada kita semuanya," kata Heru Budi.

"Yang terpenting adalah, saya imbau kepada seluruh masyarakat satu saja. Untuk tidak membuang sampah ke kali. Ciliwung milik kita semuanya. Kita membangkitkan kita cinta sungai," terangnya.

Dilanjut oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa sungai Ciliwung itu akan menjadi barometer pengelolaan sungai di perkotaan. 

Basuki juga menyebut akan mengadakan sejumlah kegiatan rutin di Ciliwung.

"Ciliwung ini harus jadi barometer cara mengelola sungai di perkotaan yang baik," kata Basuki dalam Festival Dayung Ciliwung 2022 pada Minggu (4/12/2022).

Basuki berharap Sungai Ciliwung ini akan menjadi percontohan bagi sungai yang lainnya di Indonesia seperti Citarum, Kaligarang hingga Kalimas.

Baca Juga : Wujud Nyi Blorong itu Apa?

"Ciliwung akan jadi barometer untuk seluruh Indonesia bisa dicontoh oleh masyarakat luas yang punya sungai-sungai seperti Citarum, Kaligarang, Kalibrantas, Kalimas," terangnya.

Basuki menyebut akan mengadakan agenda rutin setiap 4 bulan sekali. Salah satu agenda yang akan ia gelar adalah lomba hias getek. Nantinya, masyarakat bisa mengikuti event tersebut.

"Nanti tempatnya di sana, Pasar Rumput sampai di sini," paparnya.

Ia juga menyebut hadiah dari event tersebut sangat menarik dan tidak perlu dipertanyakan.

"Hadiahnya jangan ditanya, siap-siap masyarakat Ciliwung nanti ada lomba hias getek supaya lebih meriah," jelas Basuki.

Usai memberikan sambutan, keduanya kemudian bernyanyi membawakan sejumlah lagu, termasuk tembang milik Iwan Fals Bento.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni

Berita Lainnya