Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Undang 6.000 Orang, Para Tamu Pernikahan Putra Jokowi Dilarang Bawa Mobil Pribadi ke Acara

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

04 - Dec - 2022, 08:59

Kaesang dan Erina saat lakukan foto prewedding. (Foto screenshot @kaesangp)
Kaesang dan Erina saat lakukan foto prewedding. (Foto screenshot @kaesangp)

JATIMTIMES - Ratusan bus disiapkan untuk membawa para tamu undangan dalam acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi): Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Karena sudah disiapkan bus, para tamu dilarang membawa mobil pribadi saat menghadiri ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran, Solo.

Baca Juga : Pernyataan Bupati Hendy Jember Gudangnya Orang Hebat 'Terbayar' oleh Prestasi 7 Santri dj Porsadin

Hal itu disampaikan  Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi setelah melakukan rapat analisis dan evaluasi bersama jajaran polres se-eks Karesidenan Solo Raya di Mapolresta Solo, Sabtu (3/10/2022).

Kapolda menjelaskan, tamu akan diarahkan ke lokasi menggunakan shuttle bus dari hotel maupun dari sejumlah kantong parkir yang telah disiapkan seperti di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan. "Karena jumlah undangan ada sekitar 6.000 orang, jumlah volume dan rasio kendaraan tidak akan mampu ditampung apabila semua menuju lokasi menggunakan kendaraan pribadi masing-masing. Sehingga beberapa tamu akan kami jemput menggunakan bus. Ada sekitar 220 bus yang disiapkan," jelas Luthfi.

Tak hanya itu. Keamanan di wilayah Solo Raya juga ditingkatkan, baik preemtif dan preventif.

Kapolda telah meminta para jajaran kapolres dan kapolresta untuk menggelar kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) sepekan jelang acara.

"Kemudian besok kita akan melakukan TFG (tactical florr game) untuk melakukan ploting jalur. Mulai dari kedatangan tamu dan pergerakan tamu dari lokasi penginapan menuju Venue acara," jelasnya.

Lutfi juga mengungkap akan ada ribuan personel yang akan diterjunkan untuk mengamankan acara tersebut dari jelang acara sampai pasca-acara.

Sementara, Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes  M. Iqbal Alqudussy juga turut berpartisipasi dalam pengamanan acara putra bungsu Jokowi itu. Dari kabar yang beredar, Polda Jateng menyiapkan 2.188 personel.

Ribuan personel itu akan mengamankan kegiatan siraman di sumber kediaman Presiden Joko Widodo, kirab yang mengambil start di Loji Gandrung hingga acara ngunduh mantu yang akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Petugas Gabungan di Pamekasan Razia Prokes

"Sebanyak 2.188 personel itu akan dibagi dalam 5 satgas dan akan ditugaskan untuk mengadakan pengamanan di lima titik. Yaitu lokasi siraman di kediaman presiden, lokasi start kirab di Loji Gandrung, rute kirab serta Pura Mangkunegaran," jelasnya.

Selain ribuan personel, Iqbal juga menyiapkan 86 kendaraan roda dua dan 94 kendaraan roda empat guna mendukung pengamanan kegiatan. "Semuanya sudah dalam kondisi siap dan bisa digunakan sewaktu-waktu," ungkapnya.

Iqbal kemudian mengatakan pengamanan dan pelayanan masyarakat akan tetap berjalan seperti biasanya.

Kaesang akan menikahi Erina Gudono pada Sabtu 10 Desember 2022. Akad nikah rencananya akan digelar di pendapa Ambarrukmo, Jogjakarta.

Keesokan harinya atau Minggu 11 Desember 2022, acara ngunduh mantu akan digelar di Loji Gandrung Solo dan perjamuan tasyakuran digelar di Pura Mangkunegaran pada hari yang sama.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy

Berita Lainnya