Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022

Melalui Lomba Konten Kreator, DPMD Dorong BUMDes Guna Meningkatkan Kesejahteraan

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Dede Nana

03 - Dec - 2022, 16:38

Tangkapan layar konten video dari DPMD Kabupaten Malang dalam berpartisipasi pada Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. (Foto : Istimewa)
Tangkapan layar konten video dari DPMD Kabupaten Malang dalam berpartisipasi pada Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. (Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Dengan memadukan teknik pengambilan gambar serta keterampilan editing yang ciamik, membuat video konten kreator dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang ini layak untuk disimak.

Dalam video berdurasi sekitar dua menit yang diunggah dalam akun media sosial (medsos) @dpmdkabmalang, scene diawali dengan beberapa pegawai DPMD Kabupaten Malang yang saling bertegur sapa antara satu dengan yang lainnya.

Baca Juga : Penerimaaan Anugerah DPN Bupati Sanusi Disaksikan Presiden Jokowi

"Budayakan 3S. Senyum, Sapa, Salam," tulis DPMD Kabupaten Malang dalam videonya.

Tidak lama kemudian, para pegawai yang bertemu di halaman Kantor Bupati Malang tersebut bergegas masuk kedalam kantor DPMD Kabupaten Malang. Tak lupa mereka juga melaksanakan absen pagi melalui fingerprint. 

"Disiplin Kunci Keberhasilan," tulisnya.

Saat hendak masuk ke ruang kerja, salah satu pegawai menemukan kotak warna merah yang terletak di atas meja. Box tersebut kemudian di buka, dan ternyata berisi sebuah pesawat kertas. Pesawat kertas berwarna merah itulah yang dalam tanda kutip dijadikan visualisasi DPMD Kabupaten Malang untuk mengexplore potensi desa yang ada di Kabupaten Malang.

Salah satu pegawai pria itupun kemudian melemparkan pesawat kertas ke udara, sebelum akhirnya muncul peta digital yang menunjukkan telah mendarat di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Wisata Pujon Kidul.

"BUMDesa, Sumber Sejahtera. Pujon Kidul," tulisnya.

Setibanya di tempat wisata Pujon Kidul, pesawat kertas tersebut mendarat tepat di bahu salah satu pegawai DPMD Kabupaten Malang. Dia kemudian mengexplore seluruh potensi yang ada di sana. Yaitu meliputi keindahan alamnya hingga wisata kulinernya.

Puas menikmati keindahan wisata Pujon Kidul, pesawat kertas berwarna merah itu kembali terbang menuju ke Kecamatan Singosari. Tepatnya di BUMDesa Bersama Singosari.

"BUMDesma Singosari. Singosari SMart," tulisnya.

Bersama dengan karyawan Singosari SMart, penonton diajak untuk menikmati produk yang dihasilkan oleh seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Singosari. Yaitu mulai dari produk kerajinan dan kesenian, hingga potensi jajanan khas Malang.

"One Village, One Product," tulisnya.

Setelah berbelanja beragam produk yang dihasilkan oleh 14 desa dan 3 kelurahan yang ada di Kecamatan Singosari. Pesawat kertas kembali terbang untuk pulang ke kantor DPMD Kabupaten Malang.

Setibanya di sana, pesawat kertas berwarna merah tersebut kemudian di buka oleh salah satu pegawai DPMD Kabupaten Malang. Ketika di buka, pesawat kertas berwarna merah itu ternyata bertuliskan hari jadi Kabupaten Malang yang ke-1262.

"Meningkatkan Pendapatan Desa. Mensejahterakan Desa," tulisnya di akhir video.

Hingga kini, konten video hasil garapan DPMD Kabupaten Malang tersebut, telah mendapat 625 like dan puluhan komen berisi apresiasi dari para warganet. Video tersebut merupakan karya yang di dedikasikan dalam Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022.

Diskominfo Kabupaten Malang

Sekadar informasi, Lomba Konten Kreator yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang bersama dengan Jatim Times ini, dilaksanakan sejak tanggal 11 November.

Semula pihak penyelenggara memutuskan untuk membatasi waktu pendaftaran sampai dengan 23 November 2022. Namun, setelah berbagai pertimbangan dan masukan dari calon peserta, serta tingginya animo yang ingin berpartisipasi dalam Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. Pihak penyelenggara akhirnya memutuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran.

Dengan adanya keputusan tersebut, batas pendaftaran Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 diperpanjang hingga 10 Desember 2022 mendatang. Sementara itu, untuk nominator terbaik akan diumumkan pada 13 Desember 2022.

Untuk diketahui, hadiah total yang disediakan panitia yaitu sebesar Rp 44 Juta. Dengan rincian sebagai berikut;

Hadiah Kategori Umum (Perorangan)
a. Juara 1: Rp 4 juta
b. Juara 2: Rp 3 juta
c. Juara 3: Rp 2 juta

Hadiah Kategori Sekolah (Beregu)
a. Juara 1: Rp 7,5 juta
b. Juara 2: Rp 6 juta
c. Juara 3: Rp 4 juta

Hadiah Kategori Organisasi Perangkat Daerah (Beregu) 
a. Juara 1: Rp 7,5 juta
b. Juara 2: Rp 6 juta
c. Juara 3: Rp 4 juta

Sedangkan untuk Peserta di setiap kategori lomba adalah sebagai berikut;

- Umum (Perorangan)
Bisa diikuti oleh masyarakat umum berbagai usia dan berbagai domisili, tidak harus di kabupaten Malang. Bisa juga diikuti oleh pengelola wisata, hotel, hingga pelaku UMKM.

- Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Malang (Beregu)
Misal: SDN 1 Banjararum, SMP Daarul Ukhuwwah Pakis, SMPN 2 Pakis, MAN Gondanglegi, SMK Diponegoro Tumpang, SMA Ar Rohmah Dau, dan seterusnya.

- Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malang, beserta unit kerja di bawahnya (Beregu)
Misal: Diskominfo Kabupaten Malang, BKPSDM Kabupaten Malang, RSUD Lawang, Puskesmas Ampelgading, UPT Dinas Bina Marga Kepanjen, UPT Bapenda Singosari, dan lain sebagainya.

Tema:
“Maju, Sejahtera Bersama Malang Makmur”

Kemudian untuk syarat dan ketentuan sebagai berikut:

- Memiliki kartu identitas (kartu pelajar/kartu mahasiswa/KTP), atau memakai kartu identitas perwakilan apabila peserta di bawah usia.

- Warga Negara Indonesia (WNI).

- Memiliki akun TikTok dan Instagram.

- Akun tidak boleh dikunci dan tidak boleh mengganti username yang didaftarkan.

- Peserta wajib follow akun medsos berikut:
Instagram @malangkab @kominfokabmlg @jatimtimescom
TikTok @kominfokabmlg dan @jatimtimes.

- Hanya boleh mengirim satu karya terbaik.

- Video sesuai dengan tema lomba.

- Durasi video 1 menit sampai 2 menit.

- Unggah di TikTok dengan tag akun TikTok @kominfokabmlg.

- Selain mengunggah di TikTok, peserta juga wajib mengunggah video di akun
Instagram dengan tag akun @malangkab @kominfokabmlg.

- Wajib memakai hashtag #KabupatenMalang #HUT1262KabMalang #PialaBupatiMalang2022

Baca Juga : Olah Sampah, Wakil Ketua Dewan Banyuwangi Ingin Tiru Bali

- Video tidak boleh dihapus selama periode lomba sampai pengumuman pemenang.

- Peserta mengisi dan mengirimkan link video di google form yang telah disediakan.

- Karya orisinil dan belum pernah diikutkan lomba serupa (dilengkapi surat pernyataan).

- Karya tidak melanggar hak cipta/menyinggung isu SARA/tidak vulgar.

-Peserta yang melakukan kecurangan akan didiskualifikasi.

- Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

- Upload Surat Pernyataan Keaslian Karya. (format surat pernyataan bisa diunduh di link yang disediakan, atau juga bisa menghubungi contact person di nomor 0881-3115-641 dan website maupun media sosial Jatim TIMES)

Penilaian:

- Orisinalitas
- Kekuatan pesan yang disampaikan
- Kualitas gambar
- Kreativitas

Penjurian:

Karya seluruh peserta diseleksi dulu oleh panitia untuk menentukan 10 nominator tiap kategori. Lalu, karya dari hasil penjaringan tersebut akan dinilai oleh para juri yang terhormat, yaitu mulai dari Bupati Malang, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Wakil Bupati Malang, Sekda Kabupaten Malang, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang.

Sebagai catatan, panitia tidak pernah memunggut biaya apapun alias pendaftaran bagi semua peserta gratis.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Dede Nana