Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Begini Tips Merawat Buku dari Kepala Perpustakaan UIN Maliki Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

30 - Nov - 2022, 03:59

Ilustrasi buku (pixabay
Ilustrasi buku (pixabay

JATIMTIMES - Buku akan menjadi aset yang berharga dan merupakan jendela dunia. Buku menyimpan ratusan ilmu pengetahuan yang tak lekang oleh zaman. Akan tetapi fisik buku akan rusak bilamana sebuah buku tidak mendapatkan perawatan yang baik dan asal menyimpannya.

Fisik buku bisa menjadi rapuh dan bahkan warnanya berubah menguning. Hal itu tak pelak berdampak pada isi buku. Untuk itu, buku sangatlah memerlukan perawatan.

Baca Juga : Perbaiki Eyeliner Luntur dengan Singkat, MUA Ini Bagikan Tips Cukup 2 Langkah

Nah tentang perawatan buku, tips dari Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) ini dapat dicoba untuk merawat buku.

Kepala Perpustakaan UIN Maliki Malang Mufid SH MH menjelaskan, jika merawat buku memanglah tidak bisa serta merta. Untuk mempertahankan buku agar bertahan lama memerlukan treatment khusus.

"Setiap buku kita berikan sampul plastik untuk menghindari debu, termasuk juga antisipasi kena cairan," jelasnya saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Selain itu, ruangan tempat menyimpan buku juga haruslah sesuai dengan standar. Udara ruangan harus dengan suhu yang tak terlalu panas.  Selain itu ruangan juga harus sering dibersihkan dari debu-debu.

"Yang ketiga tentunya dari manajerial dan memberikan pemahaman bagi pemanfaat buku, agar menjaga buku," ujarnya. 

Sementara itu, pada buku-buku lama atau keluaran yang telah langka, juga dilakukan dengan perawatan sistem alih media atau dengan mendigitalisasikan isi buku. Hal ini tentunya untuk menjaga konten atau isi buku.

Baca Juga : Malang Bersholawat, Wali Kota Sutiaji: Saya Yakin Hari Ini dan Seterusnya Malang dalam Keberkahan

"Misalkan seperti skripsi yang lama-lama kita alih media, supaya tetap awet isinya," jelasnya.

Perawatan buku sendiri, dijelaskan Mufid juga terdapat cara melakukan perawatan dengan menggunakan bahan kimia agar menjaga buku tetap awet. 

"Kalau itu, untuk buku-buku yang memang fisiknya rapuh dan rusaknya sudha cukup parah," pungkasnya.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana

Berita Lainnya