Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Belasan Pesawat Delegasi KTT G20 di Bandara Juanda Dijaga Ketat Pasukan TNI AL selama 24 Jam

Penulis : Nur Hidayah - Editor : A Yahya

15 - Nov - 2022, 19:55

Pasukan TNI AL Menjaga ketat pesawat delegasi KTTG20 di bandara Juanda
Pasukan TNI AL Menjaga ketat pesawat delegasi KTTG20 di bandara Juanda

JATIMTIMES - Peengawalan ketat dilakukan di kawasan Bandara Juanda. Itu menyusul adanya belasan pesawat peserta Konferensi Tingkat Tinggi G20 ( KTT G20 ) yang terparkir di bandara ini.

Sebanyak 71 persobel TNI AL dan TNI AU dikerahkan untuk mengamankan 17 pesawat dari 12 negara yang parkir di apron Bandara Juanda. Di antaranya pesawat dari pemerintahan Amerika Serikat, Rusia, Kanada, Inggris, Belanda, Spanyol, Africa Selatan, Senegal, Ruwanda dan Hongkong. Sementara, puluhan personil tni gabungan dari TNI-AL dan TNI-AU bergantian melakukan pengetatan pengamanan di apron bandara.

Baca Juga : Ada Pagelaran Gebyar Angklung, Besok Pagi Jalur Menuju Alun-Alun Kota Jember Ditutup

"Untuk mendukung keamanan dan situasi kondusif di sekitar area apron, 71 personel gabungan dari TNI AL dan TNI AU dari Lanudal Juanda dan Lanud Moeljono memperketat pengamanan. Secara bergantian, mereka keliling memantau kondisi pesawat milik peserta KTT G20,” ujar Kolonel Heru, Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, Komandan Lanudal Juanda selaku komandan unsur subsatgas bandara pendukung kepada jatimtimes.com, Selasa (15/11/2022).

Heru menyatakan, personel yang bertugas memantau kondisi pesawat perserta KTT G20, pengetatan pengamanan dilakukan selama 24 jam. Sementara untuk pengamanan crew pesawat yang istirahat di hotel, pihak TNI Al Lanudal Juanda bekerjasama dengan kepolisian, baik dari Polresta Sidoarjo maupun Polda Jatim,” pungkasnya.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Juanda Yuristo saat dikonfirmasi di Sidoarjo juga mengatakan, belasan pesawat yang terparkir tersebut di empat lokasi berbeda. “Untuk lokasi pertama, di Apron Terminal I Juanda ada pesawat dari Rusia, Spanyol, Belanda, Senegal, dan Inggris,” ujarnya.

Di Apron Lanudal, kata dia, terdapat tiga pesawat milik Amerika Serikat serta di Apron Terminal 2 Juanda terdapat dua pesawat dari Rwanda dan Kanada. “Di Apron Kargo ditempati parkir pesawat dari Afrika Selatan dan Rwanda,” katanya.

Sebagai bandara pendukung event KTT G20 di Bali, kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jafar, pihaknya menyiapkan berbagai bentuk dukungan untuk menyukseskan perhelatan akbar tersebut.

Bentuk dukungan tersebut, kata Sisyani Jafar, meliputi dukungan infrastruktur serta operasional bandara, yaitu melalui penyediaan 17 tempat parkir untuk penempatan parkir pesawat kepresidenan, penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam, serta dukungan teknis lainnya.

Baca Juga : Dispendukcapil Bangkalan Ngaku Sudah Kirim Hasil Verifikasi Data yang Terindikasi Bodong ke Pemerintah Pusat 

Selain pengalokasian lokasi parkir, Sisyani menyampaikan kesiapan lain berupa personel dan fasilitas penunjang yang mencukupi dalam menjamin pelayanan dan keamanan ketika pesawat parkir dalam waktu yang relatif cukup lama.

“Kami memiliki personel dan fasilitas pemadan kebakaran dengan kategori delapan yang mampu melayani hingga kategori sembilan serta memiliki 919 personel yang siaga, di antaranya sebanyak 767 personel internal dan 152 personel eksternal (Satgaspam Lanudal Juanda). Semua akan kami maksimalkan demi kelancaran pelaksanaan kegiatan KTT G20,” ujarnya.

Pada periode kegiatan KTT G20, kata Sisyani, juga akan terjadi beberapa penyesuaian operasional di Bandar Udara Internasional Juanda, yakni penambahan 8 jam operasional dari jam operasional saat ini selama 16 jam, yakni mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB menjadi 24 jam selama KTT G20 berlangsung pada tanggal 12 hingga 18 November 2022 mendatang. ( Nur Hidayah)


Topik

Transportasi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

A Yahya