Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Selamatan Desa, Warga Songgoriti Kota Batu Arak Tumpeng dan Jajanan Pasar

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

15 - Nov - 2022, 19:13

Warga saat mengirab tumpeng di Kota Batu.
Warga saat mengirab tumpeng di Kota Batu.

JATIMTIMES - Puluhan tumpeng berisi sedekah bumi dan nasi lengkap dengan lauk pauk diarak mulai dari pemandian Tirta Nirwana Songgoriti menuju kantor Kelurahan Songgokerto, Selasa (15/11/2022). Selain tumpeng ada yang menarik lainnya adalah jajanan yang digantungkan pada bambu.

Jajanan itu juga arak oleh warga dengan menggunakan pakaian khas Madura dan serba hitam dilengkapi dengan udeng di kepala. Kemudian diikuti dengan warga dan anak-anak yang turut meramaikan kirab, yang menggunakan kostum bantengan.

Baca Juga : Dinas Pariwisata Kota Batu dan Sangga Braja Pamer Aneka Keris di Among Tani

Ada juga yang berjalan menggunakan pakaian adat, hingga anak-anak yang menggunakan pakaian daur ulang dari limbah plastik yang disulap menjadi cantik dan tampan, juga menggemaskan. Saat berjalan mereka juga diiringi lantunan musik, kemudian menari.

Lurah Songgokerto Arsyam mengatakan, acara ini digelar sebagai bentuk rasa syukur atas karunia dan kesehatan yang diberikan oleh Tuhan kepada masyarakat di kawasan Songgoriti dan Kelurahan Songgokerto.

“Kirab tumpeng ini merupakan rangkaian selamatan desa. Sedekah bumi ini kita lakukan sebagai bentuk syukur, semoga selamatan desa ini membawa berkah dan ekonomi bangkit,” kata Arsyam, Lurah Songgokerto.

Selain kirab tumpeng, ribuan warga Kelurahan Songgokerto ikut memeriahkan acara selamatan desa dengan menampilkan berbagai kebudayaan daerah dan nusantara.

Sementara itu tak ketinggalan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko juga hadir di tengah-tengah masyarakat. Dewanti berkeliling untuk merasakan suasana kirab dengan menggunakan mobil jeep.

Baca Juga : OVOP di Desa Kendalrejo, Produk Furniture Custom Tarik Perhatian Bupati Blitar

Dewanti pun juga memberikan apresiasi dengan diadakannya selamatan desa ini. Sebab di masa Pandemi Covid-18 kawasan Songgoriti paling banyak terkena imbas. Meski dengan masyarakat cepat bangkit, semakin guyup, rukun dan sejahtera.

“Di masa pandemi, kawasan songgoriti ini paling kena dampaknya, akhirnya hari ini kita semua bisa bangkit. Mari kita bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ujar Dewanti.


Topik

Wisata


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya