Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Di Lembaga Pendidikan Bayanul Azhar, Mantan Deputi KPK Asal Tulungagung Ini Tekankan Pentingnya Integritas

Penulis : Anang Basso - Editor : A Yahya

13 - Aug - 2022, 11:39

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Bayanul Azhar Bendiljati Kulon/ Foto : Anang Basso / Tulungagung Times
Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Bayanul Azhar Bendiljati Kulon/ Foto : Anang Basso / Tulungagung Times

JATIMTIMES - Mantan Deputi Pengembangan Jaringan Kerja Sama Antar Intansi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sujanarko menjadi pemateri dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Bayanul Azhar, Desa Bendiljati Kulon, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Dalam paparannya, Sujanarko menyampaikan tentang pembangunan integritas.

"Syarat membangun integrity, adalah berani mengakui kesalahan," kata Sujanarko, Sabtu (13/8/2022) di depan para pendidik.

Baca Juga : Hadiri Rapimnas, Gerindra Tulungagung Bawa Aspirasi Masyarakat untuk Meminta Prabowo Jadi Calon Presiden 

Selain itu dalam dialog hangat, Sujanarko membeberkan pengalamannya saat masih aktif di KPK. Korupsi yang ada menurut pria asal Ngunut ini mayoritas adalah sindikat yang melibatkan beberapa pihak.

Iapun menjelaskan tentang banyaknya gratifikasi yang sering menjadi motif seseorang untuk mendapatkan jabatan.

"Kurikulum di KPK mulai dari dasar hingga akademik itu lengkap, di Tulungagung juga ada Perbup pendidikan anti korupsi," ujarnya.

Diharapkan lembaga pendidikan sering melakukan komunikasi dengan KPK untuk mendapatkan materi pendidikan anti korupsi ini.

"Pendidikan itu luar biasa, semua bisa daftar penyuluh dan sertifikasinya nasional," imbuhnya.

Sekali lagi, Sujanarko menandaskan pejuang anti korupsi harus berani mengakui kesalahan pada dirinya.

"Saya pernah punya pengalaman pada anak-anak untuk menuliskan kesalahan apapun yang dilakukan. Hasil testimoni ini ternyata bagi anak-anak yang berani menuliskan kesalahannya ini justru lebih nyenyak tidur," ungkapnya.

Bagi para pendidik dan orang tua, jangan sampai berkecil hati dan punya pemikiran negatif pada anaknya.

"Banyak orang tua terlambat menyadari kedewasaan anak, menganggap anak tetap seperti anak kecil. Maka ini harus di ubah, karena respect orang tua akan dibalas respect oleh anak ke orang tua," paparnya.

Pentingnya klarifikasi antara anak dan orang tua harus dikembangkan agar karakter masing-masing ini dapat tumbuh dengan baik.

Sementara itu panitia kegiatan Marjian Aswin mengatakan kegiatan ini dalam rangka menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka Belajar.

Baca Juga : Terseret Kasus Ketok Palu, Eks Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Ditahan KPK

"Kegiatan ini sebagai salah satu kurikulum baru yakni penguatan profil Pancasila dalam  kurikulum merdeka," katanya.

Seperti diketuai, kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. 

Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

"Kita harapkan para pendidik memahami dan dapat dapat menyampaikan anak akan pentingnya integritas ini," kata Aswin yang juga merupakan guru olah raga ini.

Materi yang diberikan oleh salah satu mantan Deputi di KPK ini juga sangat penting bagi anak untuk melakukan pencegahan terhadap tindakan korupsi.

"Pendidikan tentang pencegahan korupsi ini penting disampaikan bagi anak mulai sejak usia dini," tuturnya.

Di Lembaga Pendidikan Bayanul Azhar Desa Bendiljati Kulon ini pendidikan yang diselenggarakan sejak tingkap PAUD, TK, SD, SMP hingga SMK. 

Bukan hanya pendidikan umum yang diberikan ke siswa, namun pendidikan agama juga menjadi prioritas untuk di ajarkan pada santri yang berada di yayasan Pondok Pesantren yang terus berkembang pesat ini.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

A Yahya