Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Tiket KA untuk Mudik Sudah Bisa Dipesan Mulai Sekarang, Begini Cara Bookingnya

Penulis : Adi Rosul - Editor : Pipit Anggraeni

01 - Apr - 2022, 10:20

Pengecekan tiket KA di Stasiun Jombang. (istimewa)
Pengecekan tiket KA di Stasiun Jombang. (istimewa)

JATIMTIMES - Bagi masyarakat yang berniat untuk mudik pada lebaran tahun ini dengan menggunakan kereta api (KA), mulai kini sudah bisa direncanakan. Pasalnya, tiket KA sudah bisa dipesan mulai hari ini, Jumat (1/4/2022) untuk berangkat mudik ke kampung halaman saat lebaran mendatang.

Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan, PT Kereta Api Indonesia telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1443 H. Menurutnya, pelayanan tersebut dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya menggunakan kereta api saat lebaran nanti.

Baca Juga : Tata Cara Salat Tarawih: Niat untuk Sendiri dan Berjamaah

"Per 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April-16 Mei 2022 dan seterusnya. Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia," terangnya kepada wartawan, Jumat (01/04/2022).

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 hingga H+10 lebaran atau 22 April-13 Mei 2022. Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 401 KA per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal per hari.

Daop 7 Madiun sendiri, lanjut Ixfan, memprogramkan perjalanan KA yang berangkat dari Daop 7 Madiun sebanyak 4 KA Jarak Jauh per hari. Dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 2.812 untuk KA Jarak Jauh.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen dan untuk KA Lokal yaitu 70 persen. "Pembelian tiket KA angkutan lebaran bisa dipesan melalui KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya," kata Ixfan.

Ixfan mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Ada sejumlah KA yang melintasi DAOP 7 madiun yang biasa digunakan para pemudik saat lebaran.

Baca Juga : Indonesia Fashion Week Digelar Secara Offline, Simak Jadwalnya

Yakni KA Airlangga relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi pulang pergi (PP), Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari pp, Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng pp, Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta pp, dan lainnya.

Karena masih dalam masa pandemi covid-19, pihak KAI meminta masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan selama menggunakan kereta api. Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

"Momen Angkutan Lebaran ini tentu dirindukan masyarakat untuk kembali mudik ke kampung halaman. KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan selalu menjaga protokol kesehatan," pungkasnya.


Topik

Transportasi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Pipit Anggraeni