Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Berdayakan UMKM, Kadin Lumajang Bantu Pendirian Koperasi Rumah Kita Berdaya

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : A Yahya

22 - Jan - 2022, 19:05

Agus Setiawan (Paling Kiri) Ketua Kadin Lumajang dalam kunjungan Menteri Koperasi dan UKM di Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)
Agus Setiawan (Paling Kiri) Ketua Kadin Lumajang dalam kunjungan Menteri Koperasi dan UKM di Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Selain memberikan bantuan untuk berdirinya Koperasi Rumah Kita Berdaya, Kadin Lumajang juga akan melakukan seleksi atau kurasi terhadap produk-produk UKM Lumajang.

Bantuan ini didalamnya termasuk pembiyaan, berdirinya rumah kurasi bagi produk UKM Lumajang, penyediaan tenaga yang akan melakukan kurasi produk UKM, sampai kepada bantuan rencana program untuk koperasi Rumah Kita Berdaya.

Baca Juga : Mapolresta Banyuwangi Digeruduk Ratusan Sopir Truck, Ini Permintaannya

"Kita akan bantu mewujudkan Koperasi Rumah Kita Berdaya ini sebagai rumah kurasi bagi produk UKM di Lumajang," kata Agus Ketua Kadin Lumajang Agus Setiawan. 

Kurasi produk UKM ini diperlukan, untuk menjamin mutu, kemasan, keberlanjutan produksi, dan hal-hal lain untuk memastikan produk UKM tersebut benar-benar layak untuk dipasarkan di marketplace agar jangkauannya lebih luas.

Ketua Kadin Lumajang Agus Setiawan mengatakan, bersama dengan Rumah Kita Berdaya, proses kurasi itu akan dilakukan meliputi kualitas, volume dalam satu kemasan dan higienitas kepada seluruh prodik UKM di Lumajang.

"Pasar itu memerlukan kepastian. Kepastian kualitas, keseragaman produk, sampai kepada volumenya dan beratnya. Misalnya, dalam satu kemasan berisi 200 gram, maka seluruh kemasan harus benar-benar 200 gram. Ini sepertinya sepele, tapi sangat penting," kata Ketua Kadin Lumajang Agus Setiawan.

Dijelaskan, output dari kurasi produk UKM ini adalah tindakan marketing di marketplace, marketing melalui jaringan Kadin, sampai kemungkinan untuk menjagkau pasar ritel yang ada di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Karyawan KSP Gelapkan Dana Nasabah Rp 25,8 Juta, Ini Modusnya

"Pasar yang luas itu memerlukan kepastian, termasuk ketersidiaan produknya," tegas Agus Setiawan kemudian. 

Untuk keperluan ini Kadin Lumajang bersama dengan Rumah Kita Berdaya akan melakukan sosialiasi kepada UKM Lumajang, khususnya yang sudah menempatkan produknya di Rumah Kita Berdaya, yang sekarang diresmikan oleh Menteri Koperasi, Teten Masduki.


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

A Yahya