Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Musda Demokrat Jatim Kondusif, Emil-Bayu Tunjukkan Kedewasaan Berpolitik Tokoh Milenial

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Pipit Anggraeni

22 - Jan - 2022, 10:16

Duet milenial Emil Elestianto Dardak-Bayu Airlangga dinilai berhasil menuntaskan periode kepengurusan Soekarwo-Renville Antonio (2016-2021) dengan baik.
Duet milenial Emil Elestianto Dardak-Bayu Airlangga dinilai berhasil menuntaskan periode kepengurusan Soekarwo-Renville Antonio (2016-2021) dengan baik.

JATIMTIMES - Gelaran Musyawarah Daerah (Musda) VI DPD Demokrat Jatim pada Kamis (20/1/2022) menuai pujian. Duet milenial Emil Elestianto Dardak-Bayu Airlangga dinilai berhasil menuntaskan periode kepengurusan Soekarwo-Renville Antonio (2016-2021) dengan baik.

"Demokrat Jatim terbukti solid, dari kepemimpinan Pakde Karwo, kemudian digantikan Plt Mas Renville, terus dilanjutkan mas Emil sebagai Plt Ketua dan mas Bayu sebagai Plt Sekretaris. Terbukti duet Emil-Bayu sukses menyelesaikan kepemimpinan mereka dengan baik dan Musda berjalan kondusif," kata Direktur Republic Institute Sufiyanto.

Baca Juga : Ketua Mundur, Pengkab PASI Banyuwangi Gelar Muskablub

Sufiyanto optimistis partai berlambang bintang Mercy ini memiliki masa depan politik yang cerah di Jatim, maupun di level nasional.

"Partai ini punya masa depan, partai ini sangat cerdas dan solid. Emil-Bayu sebagai generasi milenial menunjukkan kualitas kepemimpinan yang jempolan," tandas Sufiyanto.

"Kompetisi dalam Musda terlihat sangat sehat. Cukup panas tapi tidak sampai ada konflik yang serius. Itu dinamika yang wajar terjadi dalam partai yang konsekuen berdemokrasi," sambungnya.

Pelaksanaan Musda kemarin, kata Sufiyanto, menggambarkan kedewasaan Emil dan Bayu serta pendukung masing-masing dalam berkompetisi. Keduanya saling bersaing, dengan menjaga kesantunan serta kondusifitas, khas Demokrat. "Tidak banyak parpol dan politisi yang bisa seperti ini," kata Sufiyanto tanpa bermaksud menyindir parpol lain.

"Tampilan Partai Demokrat Jatim kalau dilihat dalam Musda kemarin itu luar biasa. Kepemimpinan milenial, dengan menghadirkan cara berorganisasi yang baik," jelasnya.

Sufiyanto juga memuji legacy politik dalam Musda Demokrat Jatim tersebut.

Baca Juga : Jatim Seger, Langkah Dispora Jatim Dorong Kebiasaan Hidup Sehat Lewat Olahraga

"Saya kira ini akan menjadi legacy tersendiri bagi partai Demokrat, bagaimana kontestasi politik tetap berlangsung dengan segala dinamikanya, tapi organisasi tetap solid. Ledekan-ledekan politik yang muncul mungkin terdengar keras bagi orang lain, tapi itulah khas Jawa Timuran. Ibarat rujak cingur kalau gak pedas, kurang asik," sambung Sufiyanto.

Selain menetapkan dua calon, Musda VI PD Jatim kali ini juga menghasilkan 12 keputusan, diantaranya laporan pertanggungjawaban periode 2016-2021.

Selanjutnya, dua nama yang diusulkan sebagai ketua, yakni Emil dan Bayu akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPP Partai Demokrat oleh Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekjen, Teuku Riefky dan ketua Badan Pemenangan Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (BPOKK) Herman Khaeron.


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Indonesia Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Pipit Anggraeni